KOTAK PENCARIAN:

ANDA INGIN MENYIMPAN BLOG INI SILAHKAN KLIK +1

Sabtu, 15 Mei 2010

Pengetahuan ibu hamil tentang HIS palsu di BPS

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Di Indonesia pada tahun 1996 angka kematian ibu masih cukup tinggi yaitu 425 per 100.000 kelahiran hidup (SDKI, 1997). Berdasarkan surat Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2002/2003, Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih berada pada angka 307 per 100.000 kelahiran hidup, target yang akan dicapai pada tahun 2010 adalah angka kematian ibu menjadi 125 per 100.000 kelahiran hidup.
Di Propinsi Lampung, cenderung terjadi peningkatan AKI sebesar 143 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 1997 menjadi 153 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2002 (Dinas Kes Propinsi Lampung, 2003). Menurut data terakhir di Kabupaten Lampung Tengah 12 orang ibu per 18839 (Dinkes RI Metro, 2004).
Penyebab langsung kematian ibu di Indonesia, adalah perdarahan, infeksi dan eklamsia. Dimana penyebab perdarahan abortus, infeksi dan partus lama. Hanya sekitar 5% kematian ibu disebabkan oleh penyakit yang memburuk akibat kehamilan, misalnya penyakit jantung dan infeksi yang kronis (Saifuddin, 2002).
Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam menurunkan Angka Kematian Ibu. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu, dengan diadakannya program Safe Motherhood yang dimulai dari tahun 1997 (Saifuddin, 2002).
Agar persalinan sehat dapat berjalan lancar, diperlukan berbagai persiapan baik sebelum hamil maupun selama kehamilan sehingga ibu dan janin dalam keadaan sehat. Untuk itu sangat diharapkan bidan sebagai tenaga terlatih pada sistem kesehatan nasional salah satunya adalah meningkatkan pengetahuan kesehatan masyarakat.
Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan kesehatan masyarakat khususnya ibu hamil adalah dengan diketahuinya tanda-tanda his palsu, seperti rasa nyeri ringan dibagian bawah, datangnya tidak teratur, tidak ada perubahan pada sakit / pembawaan tanda durasinya pendek dan tidak bertambah bila beraktifitas (Manuaba, 1998) sehingga ibu mengetahui waktu yang tepat untuk datang ke tenaga kesehatan.
Berdasarkan hasil prasurvei yang dilakukan di BPS Martha Kota Gajah Lampung Tengah, didapatkan data jumlah ibu hamil yang memeriksa kehamilan dengan usia kehamilan 28-32 minggu sebanyak 23 orang, dan berdasarkan hasil wawancara kepada ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya, penulis berasumsi bahwa 23 ibu hamil dengan usia kehamilan 28-32 minggu belum mengerti tentang his palsu. Dari uraian tersebut,maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pengetahuan ibu hamil tentang his palsu di BPS Martha Kota Gajah Lampung Tengah

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah Penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut : “Bagaimanakah Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai His Palsu di BPS Martha Kota Gajah Lampung Tengah Tahun 2006?”.

C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang his palsu di BPS Martha Kota Gajah Lampung Tengah.
2. Tujuan Khusus
a. Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang pengertian his palsu di BPS Martha Kota Gajah Lampung Tengah.
b. Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang sifat-sifat his palsu di BPS Martha Kota Gajah Lampung Tengah
c. Untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang tanda-tanda his palsu di BPS Martha Kota Gajah Lampung Tengah

D. Ruang Lingkup
Dalam penelitian ini penulis membatasi ruang lingkup yang diteliti sebagai berikut:
1. Metode penelitian : Studi deskriptif
2. Subjek penelitian : Ibu hamil usia kehamilan 28-32 minggu.
3. Objek penelitian : Pengetahuan ibu hamil tentang his palsu.
4. Lokasi penelitian : Di BPS Martha Kota Gajah Lampung Tengah.
5. Waktu penelitian : 13 – 20 Mei 2006

E. Manfaat Penelitian
1. Bagi ibu hamil Diharapkan dapat lebih aktif mencari informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan kehamilannya baik dari tenaga kesehatan maupun dari media elektronik dan media masa.
2. Bagi Insitusi Pendidikan Bagi Insitusi Pendidikan Poltekes Tanjungkarang Prodi Kebidanan Metro sebagai bahan referensi tentang pengetahuan ibu hamil tentang his palsu dan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.
3. Bagi Peneliti Lain Diharapkan dapat menjadi bahan masukkan dan perbandingan untuk penelitian selanjutnya, Khususnya tentang his palsu serta dapat mengkaji lebih dalam hal yang belum terungkap dalam penelitian ini.

muncul 1x

0 komentar:

TIDAK MENEMUKAN YANG DICARI GUNAKAN KOTAK PENCARIAN: