KOTAK PENCARIAN:

ANDA INGIN MENYIMPAN BLOG INI SILAHKAN KLIK +1

Kamis, 26 Agustus 2010

Gambaran pengetahuan ibu menyusui tentang manajemen laktasi pada periode post natal di Rumah sakit ibu dan anak

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Salah satu kekaguman kita tentang Cinta Tuhan kepada umat-Nya dapat kita lihat ketika ibu mulai menyusui bayinya dengan ASI (Air Susu Ibu). Proses ini merupakan mukjizat yang harus disyukuri dan dimanfaatkan seoptimal mungkin. ASI dikatakan mukjizat, hal ini dapat kita pahami dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa tidak ada makanan di dunia ini yang sesempurna ASI. ASI adalah salah satu jenis makanan yang mencukupi seluruh unsur kebutuhan bayi baik fisik, psikologis, sosial maupun spiritual. (Hubertin, 2003)
Menyusui merupakan suatu proses alamiah. Berjuta-juta ibu di seluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentang ASI. Seiring dengan perkembangan zaman, terjadi pula peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat sehingga pengetahuan lama yang mendasar seperti menyusui justru kadang terlupakan. Menyusui adalah suatu pengetahuan yang selama berjuta-juta tahun mempunyai peran yang penting dalam mempertahankan kehidupan manusia.
Pada tahun 1999 UNICEF (United Nations International Children’s Emergency Found) memberikan klasifikasi tentang jangka waktu pemberian ASI eksklusif. Rekomendasi UNICEF bersama World Health Assembly (WHA) dan banyak negara lainya adalah menetapkan jangka waktu pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan. (Roesli, 2000)
ASI eksklusif adalah pemberian ASI (Air Susu Ibu) sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberikan makanan lain, walaupun hanya air putih, sampai bayi berumur 6 bulan. Setelah 6 bulan bayi mulai dikenalkan dengan makanan lain dan tetap diberikan ASI sampai berumur 2 tahun. (Hubertin, 2004)
Berdasarkan hasil perhitungan jumlah bayi yang mendapat ASI eksklusif di seluruh propinsi di Indonesia sebanyak 3.213.860 bayi. Bayi yang diberikan ASI eksklusif adalah 1.339.298 bayi (41,67%), sedangkan 1.874.562 bayi (58,33%) tidak diberi ASI eksklusif. Di Lampung 3.114 jumlah bayi yang sudah di beri ASI eksklusif adalah 2.190 (70,33%) bayi dan 914 (29,67%) bayi tidak diberi ASI eksklusif. (Dinkes Lampung, 2004).
Dari hasil pengamatan pada praktek lapangan, bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan frekwensi terkena diare sangat kecil bahkan mulai minggu ke-4 sampai bulan ke-6 bayi jarang defekasi dan sering menjadi keluhan ibu yang datang ke klinik karena bayinya tidak defekasi lebih dari 3 hari. Keadaan ini menunjukan seluruh produk ASI dapat terserap oleh sistem pencernaan bayi. Kelompok bayi yang mendapat susu tambahan (ASS) lebih sering terkena diare. (Hubertin,2004)
Melihat begitu unggulnya Air Susu Ibu (ASI), maka sangat disayangkan pada kenyataannya masih banyak ibu-ibu yang tidak langsung memberikan ASInya pada 30 menit sampai 1 hari post partum. Masih banyak juga ditemukan masalah pada post partum seperti puting susu terbenam atau datar, saluran susu tersumbat, puting susu nyeri atau puting susu lecet dan payudara bengkak. Hal ini merupakan masalah bagi ibu yang menyusui bayinya dan mengurangi produksi ASI, sehingga dapat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan air susu untuk bayinya.
Saat persalinan tiba, ibu harus memahami apa yang terjadi dan kemungkinan yang membahayakan. Saat persalinan merupakan waktu penentu bagi bayi untuk mendapatkan ASI yang optimal sebagai nutrisi yang mampu memenuhi seluruh unsur gizi untuk perkembangan bayi menjadi anak sehat dan cerdas. (Hubertin, 2004).
Namun pada kenyataannya masih terdapat ibu-ibu yang mengalami gangguan atau masalah dalam melaksanakan manajemen laktasi. Seperti yang penulis temukan di RS Ibu dan Anak Mutiara Hati Gadingrejo berdasarkan data persalinan normal pada bulan Juli-desember 2006.

Tabel 1. Jumlah ibu nifas 1 – 7 hari dengan masalah terhadap manajemen laktasi pada periode postnatal dari bulan Juli-Desember 2006.

Bulan Jumlah Ibu pasca Bersalin Normal Jumlah Ibu Nifas dengan masalah Manajemen Laktasi Prosentase
%
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember 13
23
19
20
17
16 6
7
5
7
3
4 5,6
6,5
4,6
6,5
2,8
3,7
Jumlah 108 32 29,7
Sumber: RSIA Mutiara Hati tahun 2006

Dari data diatas didapatkan kesimpulan bahwa terdapat 29,7 % (32 orang) ibu pasca bersalin yang mengalami masalah terhadap manajemen laktasi pada Periode Postnatal terutama tentang teknik menyusui dan perawatan payudara yang benar setelah bersalin. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Gambaran Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang Manajemen Laktasi pada Periode Postnatal di RSIA Mutiara Hati Tanggamus”

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah yang penulis simpulkan adalah ”Bagaimana pengetahuan ibu menyusui tentang manajemen laktasi pada periode postnatal ?”.

C. Ruang Lingkup Penelitian
1. Jenis Penelitian : Deskriptif
2. Subjek Penelitian : Ibu bersalin normal hari pertama sampai hari ketujuh
3. Objek Penelitian : Pelaksanaan Manajemen Laktasi Periode Postnatal
4. Lokasi Penelitian : RSIA Mutiara Hati gadingrejo, Tanggamus
5. Waktu Penelitian : 1 Juni s/d 11 Juni 2007

D. Tujuan Penelitian
Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk:
1. Tujuan Umum
Untuk mengetahui pengetahuan ibu menyusui tentang manajemen laktasi pada periode postnatal.
2. Tujuan Khusus
a. Diketahui pengetahuan ibu menyusui tentang tehnik menyusui yang benar
b. Diketahui pengetahuan ibu menyusui tentang cara perawatan payudara yang benar setelah persalinan.

E. Manfaat Penelitian
1. Untuk Peneliti
Menambah wawasan dan pengetahuan untuk meningkatkan upaya dalam melaksanakan pelayanan terhadap ibu bersalin.
2. Untuk Ibu Menyusui Periode Postnatal
Mencegah terjadinya masalah pada masa laktasi dan membantu para ibu agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai ibu dalam proses menyusui.
3. Untuk Institusi Program Studi Kebidanan Metro
Untuk menambah sumber bacaan di Perpustakaan.
4. Untuk RSIA Mutiara Hati
Sebagai bahan masukan bidan atau tenaga kesehatan agar dapat memotivasi masyarakat dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang manajemen laktasi.

KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD:
Gambaran pengetahuan ibu menyusui tentang manajemen laktasi pada periode post natal di Rumah sakit ibu dan anak
muncul 1x

0 komentar:

TIDAK MENEMUKAN YANG DICARI GUNAKAN KOTAK PENCARIAN: